Senin, 29 Januari 2018

"Komunitas" Bagiku

Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi terkini adalah gampang mengakses informasi dari mana saja, termasuk di dalamnya memperluas jangkauan pertemanan hingga ke belahan dunia lain. Tanpa mengenyampingkan sisi negatif yang akan dihadirkan, kita hanya berupaya bahwa apa yang kita lakukan sebatas memanfaatkan keberadaannya sebagai piranti penghubung sesama manusia dalam rangka merauk keuntungan positif, baik buat individu maupun untuk khalayak ramai.

Dampak positif yang kentara saya rasakan sejauh ini adalah tergabung dalam berbagai komunitas, meski banyak yang memilih untuk senyap tanpa melebarkan aksesnya di media sosial dengan berbagai alasan, saya termasuk memilih yang ikut andil dalam upaya proses pembelajaran. Karenanya saya belajar banyak dari sana. Memang ada waktu yang dikorbankan untuk itu, tapi dalam rangka mengejar hal positif bukankah ini termasuk proses pencarian ilmu?. Jawabannya ada pada masing-masing pribadi, sejauh mana teknologi tidak melalaikan hidupnya. Seperti kutipan yang sering saya dengar “jangan terlalu sibuk dengan dunia, hingga kamu lupa untuk apa kamu di ciptakan”.

Saya ingin sedikit sharing terkait beberapa komunitas yang saya ikuti yang begitu banyak membawa dampak positif buat saya pribadi,


    1. ODOJ (One Day One Juz)
Komunitas ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebuah komunitas yang mencanangkan anggotanya untuk tilawah sejuz sehari. Sepak terjangnya sejak di gagas pertama kali tahun 2007 silam telah mengalami pahit manis ceritanya sendiri. Sejak android belum lahir hingga hari ini, ODOJ tetap eksis memangku siapa saja yang ingin konsisten tilawah sejuz sehari.

     2. ODOL (One Day One Line)
Sebuah komunitas penghafal Alqur’an, dengan komitmen dan kerjasama anggota. Grup ini semakin eksis dari hari ke hari. Dengan sistem menghafal hafalan baru minimal satu baris satu hari atau muraja’ah minimal 6 baris per hari. Berisi 30 anggota yang masing-masing kita di pasangkan satu sama lain.

     3.      Indonesia Membaca (IM)
Adalah sebuah komunitas para pecinta buku kecuali saya. Haha. Jujur saya ingin bergabung di sini karena saya ingin cinta membaca. Rendahnya minat baca saya membuat saya berpikir panjang harus ikut komunitas agar terbiasa mengikuti aturan dan akhirnya menjadi kebiasaan. Komunitas ini mewajibkan kita untuk bikin resume buku yang kita baca sebulan sekali. Artinya dalam satu bulan mau atau tidak, kita harus menyelesaikan satu buku dan buat resumenya.

     4. ODOP (One Day One Post)
Adalah sebuah komunitas menulis yang mewajibkan anggotanya memiliki blog, karena blog adalah sarana untuk penyebaran tugas-tugas yang diberikan. Jika tiga grup di atas cukup memiliki WA saja, maka d grup ini kita seperti di training mandiri untuk memiliki blog dengan segala pengaturan-pengaturan yang kita olah sendiri, tenang saja kita tidak di biarkan jalan sendiri kok. Di komunitas ini kita diwajibkan untuk menulis setiap hari dengan rule yang di tetapkan

Empat komunitas ini Insya Allah saya konsiten dengannya hingga hari, tak tau kalau besok. Tunggu saja :D

9 komentar:

  1. Kok belum ada hashtag nya. Sama kepanjangan odop itu p nya page atau post ya...?

    BalasHapus
  2. Moga istiqomah ya kak. ^_^
    Fighting!!!

    BalasHapus
  3. Barakallahu ka. Keep istiqomah :)
    Komunitas positif sangat membantu kita dalam mencapai cita. :)

    BalasHapus
  4. Eh ada ya One Day One Juz? Belum pernah denger sebelumnya. Makasih dah dishare ya.

    Semangat ODOP-nya ya.

    BalasHapus
  5. ayo kak gabung.. semangat nge ODOP

    BalasHapus