Senin, 12 Februari 2018

Uni Q

Don't judge book by it's cover. Kalimat ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, tapi sialnya buat saya, untuk mempraktekkannya tidak semudah seperti apa yang dikatakan. Dia yang kupanggil uni berhasil membuat teori itu mampu kucerna setelahnya.

Uni, aku belum mengenalnya terlalu lama juga belum pernah terlibat dalam percakapan secara langsung dengannya. Sepintas lalu jika berinteraksi dengannya akan terlihat wibawa yang sangat mencolok dari pribadinya. Cara berjalan juga gaya bicaranya menyiratkan dia memang orang yang tegas. Bagiku tegas tidak beda jauh dengan sangar, dulunya. Jujur saja, jika uni lewat di jalan yang akan kulewati seketika aku akan putar arah mencari jalan lain. Berpapasan dengannya adalah hal kedua yang kutakuti setelah melihat polisi yang sedang razia.

Pada suatu waktu, aku ditakdirkan menjadi salah satu mutarabbiyahnya. Ah jika saja kalian bisa menyelam ke dasar hatiku. Sungguh bukan perpisahan dengan murabbiyah yang sebelumnya yang membuatku begitu tersedu, tapi tatkala akan dipertemukan dengan uni di setiap pekannya. Perang batin menguasai diriku berhari-hari. Terbersit niat untuk bicara dengan senior agar murabbiyahku diganti dengan yang lain, siapa saja. Tapi ini bukan sikap seorang jundi yang diharapkan. Sami’na wa atho’na adalah salah satu bentuk pengorbanan, yang suka atau tidak kita mesti terima.

Tiada lain yang bisa kuperbuat selain menjalani apa yang sudah diamanahi. Kutepis segala rasa aneh yang bermunculan dipertemuan perdana. Kau tahu, uni sungguh berbeda dari apa yang kusimpulkan selama ini. Lantunan kata-kata darinya sungguh indah. Ilmunya tidak terbatas pada buku yang dimilikinya. Dan yang paling penting dia bukan sosok menakutkan yang ada dalam versiku selama ini. 

Kini, pertemuan dengannya adalah yang paling kutunggu. Datang ontime, mempersiapkan tugas dengan baik, rasanya aku lebih baik kali ini, ya semenjak kenal dengan uni. Ya Robbi terima kasih telah membuatku mengenal sisi uni lebih jauh. Darinya aku belajar agar tidak menilai sesuatu dari apa yang tampak oleh kedua mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar